Get this widget

Jumat, 14 Agustus 2015

Macam-Macam Pengangguran




·         Berdasarkan Jam Kerja
1.      Pengangguran Terselubung (Disguised Employment) yaitu tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
2.      Setengah Menganggur (Under Unemployment) yaitu tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan. Biasanya bekerja < 35 jam/minggu.
3.      Pengangguran Terbuka (Under Unemployment) yaitu tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan.
·         Berdasarkan Penyebab
1.      Pengangguran Friksional (Frictional Unemployment) yaitu pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi, dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran.
2.      Pengangguran Konjungtural (Cycle Unemployment) yaitu pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan gelombang siklus ekonomi.
3.      Pengangguran Struktural (Structural Unemployment) yaitu pengangguran akibat perubahan struktur ekonomi dan corak ekonomi dalam jangka panjang.
4.      Pengangguran Musiman (Seasonal Unemployment) yaitu keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus menganggur.
5.      Pengangguran Sinklinal yaitu menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.
6.      Pengangguran Teknologi yaitu pengangguran akibat perubahan/pergantian tenaga manusia menjadi tenaga mesin.
7.      Pengangguran Siklus yaitu pengangguran akibat menurunnya kegiatan perekonomian karena terjadi resesi.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. kisah nyatah
    ini mau cerita sedikit kesuksesan aq percaya atau tdk tergantun anda,dulu aq juga pernah pengganguran lama,tapi aq tak putus asa selalu cr jln keluar,berkat aq sllu buka internet aq temukan no.ini 085217519919 atas nama ky songo orang paranormal,awalnya takut sih tapi aq beranikan dirin telpon dia dan degar petunjuknya aky itu pun masuk akal,bagi anda mau seperti sy silkn anda berurusan degan aky songo atau mau lebih jelas lihat blog dia.di www.paranormal-kisongo.blogspot.com ini cerita kesuksesanku,trmh ksh.

    BalasHapus
  3. Thanks ya, artikel sangat membantu dalam menyelesaikan tugas perkuliahan tentang inflasi dan pengangguran. Kunjungi juga ya MAKALAH INFLASI DAN PENGANGGURAN

    BalasHapus