Get this widget

Selasa, 10 Maret 2015

Manfaat Keanekaragaman Hayati


1.        Nilai Konsumtif
Artinya keanekaragaman hayati memberikan manusia sumber daya untuk mencukupi kebutuhan pangan (misalnya padi, jagung, pisang, ayam), perumahan (misalnya kayu jati meranti dan mahoni), dan kesehatan (misalnya kencur, kunyit,dll).
2.        Nilai Ekonomi
Artinya keanekaragaman hayati tersebut dapat diperjualbelikan atau dapat dihargai dengan uang. Misalnya rotan dan kayu ramin diekspor untuk bahan funitur.
3.        Nilai Ekologis
Artinya keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Contoh: hutan hujan tropis merupakan paru-paru bumi dan dapat menjaga kestabilan iklim global.
4.        Nilai Biologis
Artinya keanekaragaman hayati dibutuhkan sebagai penunjang kehidupan bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Contoh tumbuhan mengeluarkan oksigen untuk pernafasan makhluk hidup lain.
5.        Nilai Ilmiah
Artinya keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai bahan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan ekologi. Misalnya penelitian dan penangkaran Penyu Meru di Betiri Banyuwangi.
6.        Nilai Estetika
Artinya keanekaragaman hayati dapat memenuhi kebutuhan batin atau mental spiritual yang dapat menambah ketenangan dan kebahagiaan manusia. Contoh taman laut dengan keindahan terumbu karang sebagai tempat rekreasi.
7.        Nilai Pendidikan
Artinya keanekaragaman hayati dapat menembah pemahaman dan pengetahuan manusia. Misalnya pemanfaatan hewan atau tumbuhan sebagai bahan percobaan terkait dengan kedokteran, misalnya kelinci, katak, dan kera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar